Pemanfaatan Platform Quizizz Sebagai Indikator Peningkatan Antusias Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA

Muhammad Komarul Huda(1), Irwan Lihardo Hulu(2), Darma Al Doni(3),


(1) Universitas Simalungun
(2) Universitas Simalungun
(3) Universitas Simalungun
DOI: https://doi.org/10.34007/jonas.v3i2.270

Keywords


Utilization, Quizizz; Enthusiasm to Learn; Concept Understanding

Full Text:

PDF

References


Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis matematis dan antusiasme belajar melalui pendekatan reciprocal teaching. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 193–200.

Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan pemahaman konsep siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2), 90–97. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247

Elisa, E., Rambe, A., Mardiyah, A., Siregar, T., Roipalah, R., & Zunastri, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Quizizz Untuk Mengukur Kompetensi Pengetahuan Fisika Siswa. Journal of Natural Sciences, 2(2), 72-78.

Huda, M. K., & Rajagukguk, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Pesantren modern Al Barokah melalui pengelolaan sampah dan pemanfaatan biopori. BEST JOURNAL (Biology Education, Science & Technology), 3(2), 198–204.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Nurhasanah, I. A., Atep, S., & Ali, S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620.

Peale, Norman. (2003). Enthusiasm makes the difference. New York: Fireside.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215

Santosa, D. S. S. (2017). Peningkatan antusiasme dan kedalaman kajian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis silabus individual. Prosiding SNasPPM, 2(9), 139–144.

Suciati, T. (2018). Meningkatkan antusiasme siswa terhadap kegiatan belajar dan pembelajaran di kelas melalui program literasi membaca “tunggu Aku.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 314–326. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2303

Sullo, B. (2009). The motivated student, unlocking the enthusiasm for learning. USA: ASCD.

Utomo, M. C. C., Putra, M. G. L., & Prambudi, D. A. (2021). Perbandingan fitur pada platform kuis terpopuler. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 38–44. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2596

Widiyatmoko, A. (2018). The effectiveness of simulation in science learning on conceptual understanding: A literature review. In Journal of International Development and Cooperation (Vol. 24, Issues 1&2, pp. 35–43).




DOI: https://doi.org/10.34007/jonas.v3i2.270

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Natural Sciences

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.