Tradisi Upacara Pasola dalam Kebudayaan Masyarakat Sumba sebagai Ide Penciptaan Boardgame

Iis Hannani(1),


(1) Universitas Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.34007/jipsi.v1i2.50

Keywords


Pasola Ceremony; Tradition; Boardgame

Full Text:

PDF

References


Fajarizka, A., & Rizkiantono, R. E. (2016). Perancangan Board Game Hanacaraka Sebagai Media Bantu Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar Kelas 3 dan 4. Sains Dan Seni ITS, 5(2).

Gofar, A. (2019). Eksistensi Tradisi Pasola pada Masyarakat Penganut Kepercayaan Marapu di Desa Pahola Kecamatan Wanokaka Kabupaten Sumba Barat. 229–237.

Inna, Y. T. (2013). Peranan Adat Pasola Sebagai Alat Pemersatu Antar Daerah Di Kabupaten Sumba Barat Daya Propinsi Nusa Tenggara Timur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Inna, Y. T. (2017). Kajian Teologis Terhadap Upacara Pasola. Jurnal Ilmiah Universitas PGRI Yogyakarta.

Koentjaraningrat. (1985). Kebudayaan mentalitas dan Pembangunan.

Limantara, D., Heru, D., Waluyanto, D., Pd, M., Zacky, A., & Sn, M. (2015). Perancangan Board game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(6), 78547.

Luzar, L. C. (2017). Terminologi Warna. 2(9), 1084–1096.

Nisya, R. K., & Majalengka, U. (2011). Identitas budaya dalam cerita rakyat nusantara. 5(2), 237–241.

Nusantara, D. B., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Boardgame sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Anak SD Kelas 1. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1)(1), 1–6. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/503

Randu, M. D. S., & Hartono, B. (2018). Keragaan Pengembangan Kuda Sandelwood di Wilayah Pasola Kabupaten Sumba Barat Daya. Sains Peternakan, 16(2), 54. https://doi.org/10.20961/sainspet.v16i2.21776

Romanica, G. (2018). Perancangan Board Game Bertema Pasar Tradisional Yogyakarta.

Sasmita, M. T. B. (2019). “Sibaaqun” Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Papan. Journal of Animation and Games Studies, 5(2), 133–152. https://doi.org/10.24821/jags.v5i2.3033

Septiarti, S. W., Nahum, F., Wahyono, S. B., D., S. I. A., & Efianingrum, A. (2017). Sosiologi dan Antropologi Pendidikan.

Sulasman, & Gumilar. (2013). Branding Sumba Barat Melalui Media Interaktif. 06, 84–103.

Uma, W. K. J. (2018). Makna Nyale Dalam Upacara Adat Pasola Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Di Sumba Barat Nusa Tenggara Timur. Historia Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 347. https://doi.org/10.24127/hj.v6i2.1430

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna Dalam Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01), 45–54. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.956




DOI: https://doi.org/10.34007/jipsi.v1i2.50

Article Metrics

Abstract view : 554 times
PDF - 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Penciptaan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Penciptaan Seni

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License